Rabu, 30 September 2015

TUGAS 1 JAVA

Nama               : Cindy Febrina
NPM                : 11113925
Kelas                : 3KA36
Mata Kuliah  : Pemrog. Berorientasi Object
Dosen               : Kunto Bayu A, ST


           Java adalah suatu bahasa pemrograman hasil dari teknologi dunia software, yang diciptakan oleh Patrick Naughton dan James Gosling dalam suatu proyek Sun Microsystem. dengan tujuan utamanya yaitu untuk mengasilkan bahasa komputer yang sederhana dan bisa atau dapat dijalankan dengan peralatan yang sederhana juga tentunya dan tidak terkait dengan arsitektur lainnya. Dan moto dari java itu adalah WORA atau Write Once Run Anywhere sehingga dalam bahasa Indonesia: ditulis sekali dan dapat dijalankan dalam berbagai s
Cara Menginstall Java dan JCreator...

1. Pertama-tama pastikan kita sudah mendownload Java SE Development Kit 8 (JDK) dan JCreator 5. Jika sudah kita buka JDKnya terlebih dahulu. Lalu Klik Run.

2. Lalu klik Next.

3. Klik Next.

4. Jika sudah, maka tampilan akan seperti ini. Tunggu hingga proses selesai.

5. Jika proses sudah selesai, klik Next.

6. Lalu tunggu hingga proses selesai.


7. Proses Install JDK selesai. Dan klik Close.

8. Untuk selanjutnya, Buka JCreator dan klik Run.

9. Lalu klik Next untuk melanjutkan penginstallan.

10. Lalu centang "I accept the agreement" dan klik Next.

11. Lalu pilih lokasi penginstallan, dan klik Next.

12. Klik Yes, untuk membuat folder.

13. Klik Next

14. Klik Next lagi.

15. Selanjutnya klik Install.

16. dan Finish. JCreator selesai di Install.


MEMBUAT PATH BARU...

1. Pertama Klik kana pada My Computer dan pilih Properties

2. Lalu pilih Advanced, dan Klik Environment Variables.

3. Lalu pilih New pada System Variables.

4. Lalu isi Variable Name dan Variable Value. Jika sudah Klik OK.

5. Jikas sudah, Klik OK

6. Dan Ok lagi.


CONTOH PROGRAM SEDERHANA..
Buka JCreator lalu klik Finish

Jika sudah, klik File > New > File. atau bisa juga Ctrl + N. Pada File Type Pilih Java Classes > Java Class > Next.

Jika sudah, pada File Path isi Name. Lalu Finish.

Dan masukkan kodingan dibawah ini;


Jika Sudah, Running Program. dan output nya akan seperti dibawah ini;







KELEBIHAN DAN KELEMAHAN JAVA
+ Berorientasi objek. Java adalah bahasa pemrograman yang berorientasi pada objek. Java membagi program menjadi objek-objek serta memodelkan sifat dan tingkah laku masing-masing dalam menyelesaikan suatu masalah.
+ Java bersifat multiplatform. Java dirancang untuk mendukung aplikasi yang dapat beroperasi di lingkungan jaringan berbeda. Untuk mengakomodasi hal tersebut, Java compiler membangkitkan bytecodes (sebuah format yang tidak tergantung pada arsitektur tertentu yang didesain untuk mengirimkan kode ke banyak platform perangkat keras dan perangkat lunak secara efisien). Java dapat dijalankan oleh banyak platform seperti Linux, Unix, Windows, Solari, maupun Mac.
+ Java bersifat multithread. Multithreading adalah kemampuan suatu program komputer untuk mengerjakan beberapa proses dalam suatu waktu. Thread dalam Java memiliki kemampuan untuk memanfaatkan kelebihan multi prosessor apabila sistem operasi yang digunakan mendukung multi prosessor.
+ Dapat didistribusi dengan mudah. Java memiliki library rutin yang lengkap untuk dirangkai pada protocol TCP/IP (seperti HTTP dan FTP) dengan mudah. Kemampuan networking Java lebih kuat dan lebih mudah digunakan. Java memudahkan tugas pemrograman jaringan yang sulit seperti membuka dan mengakses sebuah soket koneksi. Java juga mamudahkan pembuatan CGI (Common Gateway Interface).
+ Bersifat dinamis. Java dirancang untuk beradaptasi dengan lingkungan yang sedang berkembang. Java bersifat dinamis dalam tahap linking. Class yang ada dapat di link sebatas yang diperlukan, apabila diperlukan modul kode yang baru dapat di link dari beberapa sumber, bahkan dari sumber dalam jaringan Internet.
Kekurangan yang dimiliki oleh Java adalah pada satu slogannya, takni “Tulis sekali dan jalankan dimana saja” ternyata tidak sepenuhnya benar. Beberapa hal harus disesuaikan jika dijalankan pada platform yang berbeda. Misalnya untuk J2SE dengan platform SWT-AWT bridge tidak dapat berfungsi di Mac OS X. Kekurangan lainnya adalah kemudahan aplikasi Java didekompilasi. Dekompilasi adalah suatu proses membalikkan sebuah aplikasi menjadi kode sumbernya. Hal ini memungkinkan terjadi pada Java karena berupa bytecode yang menyimpan bahasa tingkat tinggi. 














Tidak ada komentar:

Posting Komentar